Rabu, 05 September 2012

terjadinya bayi kembar


Terjadinya Bayi Kembar

Mengapa bisa terjadi kembar?

Proses terjadinya bayi dimulai dengan pertemuan hanya dua buah sel masing-masing milik wanita dan pria (ibu dan ayah kamu). Sel tersebut bertemu dalam proses yang disebut proses pembuahan dan mulai berkembang dalam rahim wanita selama 9 bulan dan akhirnya lahir sebagai bayi.

Oleh karena sebab yang khusus, proses pembuahan dapat terjadi pada dua buah atau bahkan lebih sel milik wanita dalam satu rahim, sehinga dalam satu rahim dapat berkembang dua atau lebih bayi. Ini disebut dengan kembar fraternal (dizygotic). Kembar ini tidak terlalu mirip satu sama lain, dan bisa juga berbeda kelamin (kembar pria dan wanita)

Atau sebab lain kembar yang terjadi karena satu sel milik wanita bertemu dengan dua buah sel milik pria, sehingga terjadi kembar identik yang berjenis kelamin sama, rupa yang sama, gen yang sama. Disebut juga dengan kembar identik (monozygotic). Kembar identik ini juga bisa berpotensi berkembang menjadi penyebab kembar SIAM, yaitu kembar yang menempel satu sama lainnya, satu tubuh berkepala dua, perut menyatu, karena masing-masing sel tidak membelah dengan sempurna.


Jenis Kehamilan Kembar

1. Kehamilan Kembar Monozigotik


Kehamilan kembar monozigotik atau disebut juga identik adalah kehamilan kembar yang terjadi dari 1 telur yang dibuahi oleh 1 sperma. Untuk alasan yang tidak diketahui, telur yang sudah dibuahi membelah menjadi dua atau lebih embrio pada perkembangan tahap pertama. Kembar identik pada umumnya memiliki ari-ari yang sama tetapi kantung amnion yang terpisah pada rahim. Pada kasus yang jarang terjadi, kembar identik memiliki 1 kantung amnion. Kedua anak tersebut  memiliki jenis kelamin yang sama, rupa sama, sidik jari dan telapak sama. Kehamilan ini jarang terjad


2. Kehamilan Kembar Fraternal (Dizigotik)


Kehamilan kembar dizigotik adalah kehamilan yang berasal dari 2 telur yang dibuahi sperma yang berbeda. Jjumlah kehamilan ini kira-kira 2/3 total kehamilan kembar. Jenis kelamin dapat sama atau berbeda, dan mereka berbeda seperti anak-anak lain dalam keluarga.

Risiko Kehamilan Kembar
Hamil lebih dari 1 janin akan meningkatkan risiko selama kehamilan, baik bagi janin maupun ibu. Kehamilan kembar berisiko memiliki kelainan dalam kandungan dan penyakit keturunan. Karena mereka pada umumnya lahir prematur, maka janin kembar biasanya memiliki masalah lebih banyak setelah lahir. Kembar monozigot adalah kehamilan yang berisiko tinggi untuk terjadinya Twin to Twin klik dokter.

apa penyebab seseorang mempunyai anak kembar?
1. garis keturunan
seseorang yang mempunyai sejarah/garis keturunan memiliki saudara kembar, maka suatu saat akan ada kemungkinan memiliki keturunan kembar.
peluang memiliki anak kembar lebih besar pada orang yang mempunyai garis keturunan memiliki anak kembar dibanding orang yang tidak memiliki sejarah keturunan anak kembar.

2. Melakukan program fertilitas
Program teknologi reproduksi yang pesat saat ini, juga memungkinkan tingginya kelahiran kembar akibat penggunaan obat yang menstimulasi terjadinya ovulasi dan sistim bayi tabung yang memungkinkan adanya embrio lebih dari satu di rahim ibu.

3. Hamil di usia tua
Wanita yang hamil di usia tua, besar kemungkinannya memiliki anak kembar, dibanding wanita yang hamil di usia muda. Diperkirakan, ovulasi akan semakin cepat seiring usia biologis yang juga bergerak cepat. Sekitar 17% wanita yang hamil di atas 45 tahun, berpeluang mengandung anak kembar.
Lima tahun lagi, sekitar usia 50 tahun, peluangnya makin besar yaitu 1 banding 9. Hanya saja, mengandung di usia tua sangat berisiko, dari keguguran hingga meningkatnya kadar gula selama hamil. Bayinya pun kemungkinan besar akan mengalami kelainan kromosom

4. Gemuk atau Berat badan berlebih
Penelitian yang dimuat pada American College of Obstetrics and Gynecology, menunjukkan hubungan yang erat antara kecenderungan kelahiran kembar dengan naiknya kasus obesitas.
Menurut penelitian, ibu dengan Body Mass Index (BMI) lebih dari 30, berpeluang mengandung anak kembar. Tapi statistik ini hanya berlaku bagi pasangan dengan sejarah keluarga kelahiran kembar.

5. Hamil di usia tua
Wanita yang hamil di usia tua, besar kemungkinannya memiliki anak kembar, dibanding wanita yang hamil di usia muda. Diperkirakan, ovulasi akan semakin cepat seiring usia biologis yang juga bergerak cepat. Sekitar 17% wanita yang hamil di atas 45 tahun, berpeluang mengandung anak kembar.
Lima tahun lagi, sekitar usia 50 tahun, peluangnya makin besar yaitu 1 banding 9. Hanya saja, mengandung di usia tua sangat berisiko, dari keguguran hingga meningkatnya kadar gula selama hamil. Bayinya pun kemungkinan besar akan mengalami kelainan kromosom.

6. Tanpa sebab alias memang lagi beruntung
Tak sedikit kasus kelahiran kembar yang tidak cocok pada beberapa kriteria klasik di atas, serta tak dapat diketahui penyebabnya. Kembar identik (monozigot twin) yang banyak terjadi pun, hingga kini penyebabnya masih misterius. Tak ada yang bisa meramalkan, kapan dan bagaimana sebuah sel telur akan memecahkan diri menjadi dua janin.

Tipe Tipe Kembar

Kebanyakan orang tua yang akrab dengan dua klasifikasi bayi kembar – fraternal (dizigotik) dan identik (monozigotik). Di luar klasifikasi tersebut utama, ada beberapa jenis langka dan menarik dari kelahiran seorang bayi kembar.

1. Kembar siam
Kembar siam merupakan kelipatan monozigot yang tidak sepenuhnya terpisah dari satu sama lain karena pembagian yang tidak lengkap dari sel telur yang telah dibuahi. Individu-individu akan terhubung pada titik-titik tertentu dari tubuh, dan dapat berbagi jaringan, organ atau anggota badan.

2. Kembar Secara terpisah atau Superfetation
Biasanya, bila telur dibuahi, siklus wanita terganggu dan ovulasi berhenti. Namun, telur dapat dilepaskan saat seorang wanita sudah hamil, sehingga bayi kembar yang dikandung bisa keluar pada waktu yang berbeda.





3. Kembar dengan Ayah Berbeda atau Superfecundation Heteropatern
kembar dizigotik adalah hasil dari hyperovulation, pelepasan sel telur dalam satu siklus. Superfecundation menggambarkan situasi di mana telur dibuahi oleh sperma dan terpisah setelah terjadi hubungan seksual. Dalam kasus ini,biasanya seorang wanita memiliki seks dengan orang yang berbeda,jadi si kembar bisa memiliki ayah yang berbeda.

4. Setengah Identik
Ada dua jenis kembar? kembar Dizigotik terjadi ketika dua telur fertilied dan kembar Monozigot (identik) yang berasal dari telur dibuahi secara tunggal. Tapi bagaimana jika telur membelah dan kemudian masing-masing dari mereka bertemu sperma? Itulah teori yang diusulkan untuk kembar “setengah-identik”, kembar yang sangat mirip tetapi DNA-nya tidak sma 100%. Meskipun tampaknya menjadi teori yang masuk akal, tidak ada tes definitif untuk mengkonfirmasi kebenaran teori tsb

5. Kembar Laki laki / Perempuan identik (monozigot)
Kembar Identik (monozigot) selalu berjenis kelamin yang sama karena mereka terbentuk dari zigot tunggal yang berisi kromosom (XX) laki-laki atau (XY) perempuan. Namun, telah ada beberapa kasus yang dilaporkan dari mutasi genetik pada anak kembar laki-laki di mana salah satu kembar kehilangan kromosom Y dan berkembang sebagai perempuan. Kembar perempuan akan menderita Sindrom Turner, yang ditandai dengan perawakan pendek dan kurangnya pengembangan ovarium. Tentu saja, penjelasan lain untuk perbedaan gender pada kembar identik adalah kembar identik yang menjalani operasi perubahan jenis kelamin.
itu tadi beberapa jenis bayi kembar,dan mungkin akan ada jenis jenis lainya searah dengan perkembangan zaman dan teknologi.

Proses Melahirkan Bayi Kembar

Melahirkan selalu menakjubkan. Apalagi proses untuk melahirkan bayi kembar.Hal hal yang perlu di perhatikan oleh seorang ibu ketika Proses Melahirkan Bayi Kembar adalah sebagai berikut:

1. Posisi bayi
Posisi bayi akan sangat menentukan bagaimana si kembar lahir – normal atau dengan bedah caesar. Sekitar 40% kembar keduanya kepala di bawah (vertex).posisi ini sangat baik untuk melahirkan bayi kembar dengan normal atau melalui vagina.

2. Melalui Vagina
Lebih dari 50% bayi kembar dilahir melalui vagina. Apakah cara ini ini merupakan cara yang tepat untuk Anda dan bayi Anda? untuk mengetahuinya anda harus mendiskusikanya dengan dokter atau bidan anda.
Setelah rahim terbuka, setiap bayi yang akan lahir akan berada ditahap kedua,atau mendorong. Ini berarti Anda harus menekan dua kali,jika bayi anda kembar, namunsebagian besar bayi yang kedua lahir lebih mudah dari yang pertama. Hal ini karena bayi yang pertama telah membuka jalan, sehingga bayi yang kedua lebih mudah untuk keluar.
Rata-rata waktu antara kelahiran bayi pertama dan kedua umumnya sekitar 17 menit. Namun, selama bayi kedua berjalan dengan baik , anda tidak perlu banyak waktu untuk menunggu.Kadang-kadang selama tahap menunggu, Anda akan dihadapkan pada USG,untuk memastikan posisi bayi kedua anda dan cara terbaik untuk melahirkanya.

3. Caesar
Walaupun memiliki bayi kembar tidak meningkatkan risiko Anda mengalami bedah caesar, kurang dari setengah dari kehamilan dari bayi kembar dilahirkan dengan cara ini. posisi bayi Anda akan memainkan peranan besar dalam keputusan seperti apa tipe lahir Anda akan jalani.
Jika Anda melahirkan melalui bedah caesar sebelum persalinan, kemungkinan besar proses kelahiran anda akan di jalankan antara 37-40 minggu.

4. vagina / Bedah Caesar
Ini sebenarnya tidak seperti kelahiran biasanya. Satu bayi yang lahir melalui vagina dan bayi kedua dilahir melalui bedah caesar,hal ini terjadi hanya sekitar10 % dari semua kelahiran bayi kembar. Biasanya hal ini dilakukan untuk keadaan darurat saja

5. Prematur
Lebih dari 50% bayi kembar akan lahir sebelum 37 minggu. Ini juga dapat berdampak pada bagaimana bayi Anda dilahirkan. Bicarakan dengan dokter kehidpuan yang lebih sehat dan menjaga hidrasi,serta beristirahatlah yang cukup dan konsumsilah nutrisi untuk merawat bayi tetap tumbuh

Beberapa rumah sakit mengharuskan semua ibu yang memiliki bayi kembar untuk melahirkan di ruang operasi, bahkan jika mereka melahirkan melalui vagina. Anda mungkin juga bertanya tentang penggunaan anestesi epidural, karena jika tidak ada obat ditempatkan di dalam pipa. Hal ini memungkinkan anestesi segera dilakukan.
Pastikan untuk berbicara dengan pihak rumah sakit tentang segala masalah yang Anda khawatirkan pada bayi Anda maupun anda sendiri.



















ILMU PENGETAHUAN ALAM
TERJADINYA BAYI KEMBAR


TUGAS KELOMPOK
KELAS IX-5

ANGOTA KELOMPOK :

TIA MARLIANI
CITRA KHAERUNNISA
ANISYA NURUL S
PIKA SEPTIANI
HENDRI HERLANDI
M. HILMI ZAIDAN
FAHRUROJI






SMP NEGERI 2 CIOMAS

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar