Senin, 25 Agustus 2014

UK 1 "Sejarah Indonesia"



LATIH UJI KOMPETENSI

1.     1. Jelaskan bukti empirik prinsip perubahan dan keberlanjutan dalam sejarah yang masih berlangsung pada masa kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke Kepulauan Nusantara !
Jati diri bangsa Indonesia dapat tergoyahkan yg berakar dari perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat sejak abad ke-17. Namun dari bangsa pendatang tersebutlah sesungguhnya para penduduk pribumi banyak belajar. Contoh: bentuk interaksi dalam melakukan perdagangan, kerja sama dengan bangsa asing dan pendatang lainnya, bentuk pemerintahan yg diterapkan oleh bangsa asing. Dari situlah kesadaran akan bersatu dan keadaan bangsa yg dulunya terjajah dapat berubah menjadi bangsa yg merdeka setelah adanya peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 serta bentuk pemerintahan yg diterapkan banyak diadaptasi dari bangsa terdahulu yg pernah menjajah Indonesia. Namun bangsa Indonesia masih menerapkan sikap yg luhur bagi para pendatang di Indonesia tanpa mengurangi rasa hormat dan bertoleransi.

2.  2. Jatuhnya Kostantinopel ke tangan Turki Usmani pada tahun 1453 merypakan titik balik pagi perkembangan ekonomi dan politik di Eropa. Lakukan analisis terhadap hal tersebut !

konstantinopel jatuh ke tangan turki menyebabkan jalur perdagangan antara asia dan bangsa eropa barat terputus sehingga bangsa eropa barat mengalami krisis ekonomi atau kemerosotan ekonomi .eropa adalah penghasil rempah rempah terbaik seperrti cengkih,lada,pala dll. oleh karena itu bangsa eropa barat menjelajahi samudra untk mencari bangsa yang akan kaya rempah rempah. mereka harus mendapatkan rempah rempah tanpa harus melalui laut tengah. hal inilah yg memicu terjadinya penjelajahan samudra.
selain itu, peristiwa ini membuat kawasan laut tengah ramai kembali. hal ini ditandai oleh kota kota dagang seperti venesia,genoa,napoli dll. semakin giatnya usaha perdagangan yg dilakukan di lait tengah, maka terbentuklah serikat dagang eic dan voc yang akan berpengaruh besae dengan ekonomi indonesia berikutnya


3.     3. pada abad ke-16 mengapa Lisabon begitu cepat berkembang menjadi pusat perdagangan rempah-rempah di Eropa ?
  Karena pasukan Alfonso de Albuerquerque berhasil menduduki kota Malaka di Asia Tenggara yang terkenal 
  sebagai pusat perdagangan dan penjualan rempah2. Lalu, Alfonso de Albuerquerque membawa hasil rempah-rempah dari daerah tersebut ke kota Lisabon, Portugis dan membuat para pedagang Eropa berdatangan ke kota tersebut

4.    4.  Berikan penilaian dan tulis perasaanmu mengetahui perilaku portugis dalam melakukan ekspedisi ke dunia timur dengan memasang pardao disetiap daerah yang disinggahi.
menurut saya,hal tersebut sangat tidak baik.Karena dengan memasang padrao di setiap daerah yang disinggahi itu berarti, daerah tersebut merupakan kepunyaan Portugis . Portugis juga melarang negara lain masuk ke dalam negara yang telah diberikannya batu padrao. begitu juga setelah sampai di Maluku.Cara itu tetap dilakukan.Portugis mengetahui bahwa maluku merupakan penghasil rempah2.Oleh karena itu portugis berusaha dgn sekuat tenaga utk menguasai dan memonopoli perdagangan di maluku. Hal itu tentunya sangat merugikan Rakyat Maluku. Portugis egois, seharusnya tidak bisa semena-mena mengklaim daerah tertentu menjadi daerah kepemilikannya hanya karena sebuah Padrao. sebagai pribadi prilaku mereka tidak sesuai dengan akar bangsa kita yang anti penindasan, ramah bukan berarti ga bisa marah.

5.    5. Buat suatu telaah kritis, mengapa waktu itu bangsa indonesia akhirnya jatuh menjadi daerah penjajahan bangsa asing ?
indonesia memiliki rempah-rempah yang beragam, letak  geografis yang strategis untuk perdagangan, dan memiliki iklim yang menyenangkan. faktor utama eropa masuk indonesia karena pasokan rempah-rempah dari turki ke eropa terputus, akhirnya eropa datang ke indonesia untuk mengambil kekayaan alam indonesia. saat itu indonesia belum tau apapa, masih lugu, dan belum bisa melawan para penjajah.  Karena, pada saat itu :
1)    masih lemah dalam bidang pertahanan karena masih dalam wilayah yang belum memiliki ikatan persatuan juga kekurangan bahan dan fasilitas untuk melindungi daerahnya masing-masing.
2)    masyarakat kita masih bersifat kedaerahan
3)    mudah diadudomba (devide et impera)
4)     kurang mendapat pendidikan.
Maka dari itu, dengan mudahnya negara kolonial menjajah Indonesia.


25 komentar:

  1. Terima kasih, jawabannya sangat membantu :)

    BalasHapus
  2. woow...........jawabannya sangat membantu...
    thank you...

    BalasHapus
  3. ijin copy jawaban buat tugas ya, thanks :)

    BalasHapus
  4. Thanks banget min, jangan lupa share jawaban yg lainnya

    BalasHapus
  5. ijin copy ^^
    thank's banget yaa ^^ lagi ada tugas sekolah nih soalnya

    BalasHapus
  6. izin share min, soal nya sama dengan punya saya semua

    BalasHapus
  7. join juga di blog saya "grs-galihrestuseptia.blogspot.com"

    BalasHapus
  8. makasih ye gan (y)
    btw ijin copas :D

    BalasHapus
  9. trimakasih banyak. ini sangat membantu :)

    BalasHapus
  10. Trimakasih,membantu sekali :)
    Ijin ambil beberapa jawan ya..

    BalasHapus
  11. makasih ya isinya. pas banget lagi buat bahan pelajaran

    BalasHapus
  12. Wowww, bisa nambah ilmu nih. Sangat bermanfaat dan jawabannya bisa di copy, hehe,.. keep writing yee, jgn lupa kunjungan baliknya.. di Blogotakkecil.blogspot.com

    BalasHapus
  13. Sangat membantu..
    Btw, izin copy ya?
    Gomawo chingu..:D

    BalasHapus
  14. Sangat membantu sekali, thankyou kakaa

    BalasHapus
  15. Thanks buat jawabannya, sangat membantu sekali :-)

    BalasHapus
  16. izin nyopet jawaban ya sis, gue abis ngerjain sejarah nih ^_^

    BalasHapus
  17. Terima kasih sekali jawabannya membantu kami semua soalnya sama seperti yang ada di buku

    BalasHapus
  18. terimakasihhh, sangat membantuuuuu

    BalasHapus
  19. makasih ya teh,,,ats jwbnnya sangat bermanpaat,,share juga jawaban yang lainnya

    BalasHapus
  20. Terima kasih Atas Informasinya
    Artikel yang sangat Bermanfaat

    Kunjungi :
    Sipatut.com

    BalasHapus
  21. TERIMA KASIHH BANYAK SUDAH MEMBANTU

    BalasHapus